Kapolres Pasuruan Kota Rapat Koordinasi Percepatan Penanganan Virus Covid-19

Polresta Pasuruan, Kapolres Pasuruan Kota AKBP Dony Alexander, S.I.K, M.H menghadiri Rapat Koordinasi Forkopimda bersama tim Satgas percepatan penanganan COVID-19 di Kab Pasuruan. Senin 30 Maret 2020 bertempat di Ruang Peringgitan Dalam Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti Jl. Alun-alun Utara No. 7 Kota Pasuruan

Dalam keadaan darurat situasi wabah Covid-19 yang semakin meningkat melakukan rapat koordinasi Forkopimda bersama tim Satgas mempercepat penanganan Covid-19 dan menindaklanjuti surat dari Mendagri maupun lembaga Pemerintah lainnya.

Peta penyebaran Covid-19 di Jawa Timur saat ini beberapa wilayah saat ini ditetapkan sebagai zona merah terkait adanya yang positif Covid-19, dan di Kab. Pasuruan saat ini ODP 8 orang, PDP 14 org lima dinyatakan negatif dan dipulangkan, Positif Covid tidak ada.

Sosialisasi kepada ulama dan masyarakat merupakan tanggung jawab Satgas antisipasi Covid Kab. Pasuruan. Ada dua permasalahan yang harus dihadapi, fenomena mudik lebaran perlu diantisipasi dan koordinasi Pemerintah Kab. Pasuruan, yang kedua fenomena kembalinya Tenaga Kerja (TKI dan Tenaga Kerja di Daerah Pandemik) ke Kab. Pasuruan.

“Kita harus kerahkan kekuatan ini bersama IDI, IBI, PPNI maupun organisasi kemasyarakatan lainnya yang bisa membantu kita, secara gotong royong kita bisa membatasi kontak langsung masyarakat untuk pencegahan penyebaran cobid-19, saya ucapkan terimkasi kegiatan keagamaan di Kab. Pasuruan sudah ditiadakan untuk sementara” ujar Bupati Pasuruan

Terkait dengan Rapid Tes agar segera di distribusikan ke Wilayah Kab. Pasuruan, makin seluruh Indonesia masih terbatas jadi nantinya Rapid Tes bisa di gunakan kepada ODP yang terpapar langsung.

“Kita mau menyamapaikan yang sesungguhnya menjadi kepanikan dan ketakutan apabila disampaikan secara biasa dianggap remeh di setiap kecamatan harus ada Physical Distancing sehingga edukasi kepada masyarakat terkait Covid-19 bisa mengena” ujar Dandim Pasuruan

Stasiun terhitung mulai tanggal 1 April 2020 akan menutup jalur kereta Api. Untuk Dinas Kesehatan melakukan penjelasan tekait Cairan Desinfektan yang membuat sendiri takutnya ada bahan yang bisa membahayakan karena saat ini masyarakat banyak yang membuat Desinfektan sendiri.

Apabila wabah ini meningkat apakah kebutuhan pangan di Kab. Pasuruan sudah mencukupi ini perlu di bicarakan dan bahas bersama.

Kegiatan Kapolres Pasuruan Kota menghadiri Rapat Koordinasi Forkopimda bersama Tim Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 berakhir pukul 22.40 wib, selama giat berjalan dengan aman dan lancar.

(maw)